Dipromosikan Raffi hingga Ari Lasso, BEI Mintai Keterangan MCAS

IDXTainment
Shifa Nurhaliza
Selasa, 05 Januari 2021 14:45 WIB
Imbas dari diduga upaya promosi yang dilakukan selebritis Raffi Ahmad, Ari Lasso dan lainnya terkait kode saham MCAS kini tuai kritikan.
Dipromosikan Raffi hingga Ari Lasso, BEI Mintai Keterangan MCAS. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Imbas dari diduga upaya promosi yang dilakukan selebritis Raffi Ahmad, Ari Lasso dan lainnya dengan menyebut kode saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) sebagai salah satu koleksi saham mereka kepada publik di akun Instagram pribadinya menuai sejumlah reaksi.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Laksono W. Widodo menyampaikan bahwa saat ini BEI akan mengajak para influencer untuk berdiskusi terkait endorsement saham milik MCAS.

“Kita akan ajak diskusi para influencer ini untuk diskusi, di satu pihak kami menyambut positif influencer seperti mereka, namun juga perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka kepada para followersnya. Dan kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang dikecewakan,” jelasnya kepada media, Selasa (5/1/2021).

Ditegaskan Laksono, BEI juga akan mengajak para influencer untuk mengikuti kelas pasar modal. “Kita juga mengajak mereka ikut Sekolah Pasar Modal bagi yg belum pernah mengikuti,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), I Gede Nyoman Yetna juga menanggapi bahwa saat ini BEI telah mengirimkan permintaan penjelasan kepada emiten terkait.

“Untuk mengklarifikasi hal ini, kami telah mengirimkan permintaan penjelasan kepada emiten terkait. Kita tunggu dulu tanggapannya ya,” jelasnya kepada media.

Sekadar informasi, pemegang saham MCAS adalah PT I Inti Dot Com sebanyak 18,100%, Martin Suharlie memegang saham 9,39%, dan lainnya ada yang sebesar 5% sampai dengan 8% sedangkan publik memegang saham 44,73%.

Saham MCAS memang naik signifikan dalam enam bulan terakhir, tepatnya 6 Juli 2020 harga saham MCAS berada di level 1.795 per saham, kini per 5 Januari 2021 saham MCAS terpantau naik 8,81 persen atau 370 poin di level 4.570 pada pukul 13:54 versi RTI. (*)

Baca Juga