Airlangga Nilai UU Ciptaker dan Vaksin Perkuat IHSG di ASEAN

Market News
Rina Anggraeni/Sindonews
5 hari yang lalu
Undang-Undang (UU) Cipta Kerja dan proses vaksinasi diyakini akan berdampak positif terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).
Airlangga Nilai UU Ciptaker dan Vaksin Perkuat IHSG di ASEAN. (Foto : MNC Media)

IDXChannel - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai, Undang-Undang (UU) Cipta Kerja dan proses vaksinasi diyakini akan berdampak positif terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Tercatat, IHSG menguat 0,62% ke 6.435 yang tertinggi di ASEAN, pada Rabu (13/1/2021). "Sebagai informasi bapak Presiden, Undang-Undang Cipta Kerja, terutama dengan dimulainya vaksinasi oleh bapak Presiden kemarin, kemarin indeks (saham) mencapai 6.435, dan ini tertinggi di Asean," ujarnya dalam Koordinasi Tahunan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) secara virtual, Kamis (14/1/2021).

Menko Airlangga juga menyinggung reformasi struktural perekonomian nasional yang dilakukan melalui pengesahan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang diperundangkan dalam UU Nomor 11 Tahun 2020.

"Kenaikannya mencapai 7,63%, lebih tinggi dari Vietnam 7,44% dan Thailand 7,34%,” pungkasnya. UU Cipta Kerja, lanjut Airlangga, tidak hanya bertujuan meningkatkan ekosistem investasi melalui kemudahan perizinan berusaha, tetapi juga mengubah perilaku aparat pemerintah dan para pelaku usaha, melalui penggunaan sistem yang berbasis elektronik dan integrasi data.

"UU Cipta Kerja juga mendorong pelaku usaha, terutama UMK, untuk berbadan hukum, dengan mendirikan PT Perseorangan untuk UMK. Sehingga memiliki aspek legal yang kuat, masuk ke sektor formal, dan menerapkan praktek bisnis yang sehat," pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga jeda sesi I perdagangan Kamis (14/1/2021) masih menguat. Pasar modal Indonesia ditutup 10,69 poin atau 0,17% ke 6.445,89 atau 6.446. (*)

Baca Juga