Bidik Rp11 Triliun, Waskita Karya Jual Sembilan Ruas Tol di 2021

Market News
Shifa Nurhaliza
Rabu, 02 Desember 2020 14:15 WIB
PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) berencana menjual sembilan ruas tol di 2021. Tol-tol tersebut tersebar di Jabodetabek hingga Sumatera.
Bidik Rp11 Triliun, Waskita Karya Jual Sembilan Ruas Tol di 2021. (Foto: Ist)

IDXChannel - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) berencana menjual sembilan ruas tol di 2021. Tol-tol tersebut tersebar di Jabodetabek hingga Sumatera.

Direktur Pengembangan Bisnis dan QSHE Waskita Karya, Fery Hendriyanto mengatakan bahwa sembilan ruas tol itu masing-masing tiga di Jabodetabek, satu di Jawa Barat, dua di Sumatra, dua bagian dari Trans Jawa, dan satu di Jawa Timur. Total panjang tol itu mencapai lebih dari 480 kilometer.

"Seluruh ruas tersebut akan dilepas dengan nilai sekitar Rp10-Rp11 triliun. Selain adanya penerimaan kas lewat divestasi, Waskita juga akan mengurangi utang dari ruas tol yang tidak lagi terkonsolidasi,” ungkap Fery, dilansir iNews, Rabu (2/12/2020).

Skema divestasi atas tol-tol tersebut, dilanjutkan Fery, cukup beragam seperti yang pernah dilakukan perseroan sebelumnya. Divestasi tak hanya melakukan penjualan.

“Akan ada beberapa ruas (tol) yang dilepas dengan skema shareswap atau tukar saham. Kami juga membuka tender dan menerima penawaran investor untuk beberapa ruas tol serta menggunakan instrumen RDPT (Reksa Dana Penyertaan Terbatas),” paparnya.

Selanjutnya, Fery mengatakan bahwa hampir semua ruas tol yang akan dilepas pada 2021 telah memiliki calon investor. Saat ini, proses masuk due diligence atas valuasi. “Selain investor infrastruktur atau lembaga keuangan pada umumnya, ruas tol Waskita juga masuk dalam rencana investasi dari Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI),” tandasnya. (*)

Baca Juga