Pemerintah Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Naik 5 Persen Tahun Depan

Market News
Shifa Nurhaliza
Kamis, 19 November 2020 09:30 WIB
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengungkapkan mengenai kondisi ekonomi 2021.
Pemerintah Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Naik 5 Persen Tahun Depan. (Foto: Ist)

IDXChannel - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengungkapkan mengenai kondisi ekonomi 2021. Pemerintah akan menggunakan sejumlah indikator untuk menjaga APBN dan juga berusaha agar program pemulihan tepat sasaran sehingga dapat memacu target pertumbuhan ekonomi 2021 sekitar 5%. Selain itu, pemerintah juga akan mengurangi defisit secara bertahap.

“Kita kurangi kalau tahun ini defisit adalah 6,3%, tahun depan defisit kita kurangi menuju 5,7% karena di dalam Perppu 1 Tahun 2020 kita mengatakan untuk sampai dengan 2022 di atas 3%, tapi 2023 kita kembali ke bawah 3%. Maka, secara gradual defisit kita kurangi secara terukur,” jelas Wamenkeu dalam keterangan resmi Kementerian Keuangan RI, pada Rabu (18/11).

Selanjutnya, pengurangan secara terukur yang dimaksud artinya belanja pemerintah itu harus tetap besar untuk menjadi penopang seperti yang pemerintah lakukan selama 6-8 bulan terakhir guna menuju defisit kembali ke bawah 3% seperti yang selama ini dunia internasional mengenal Indonesia disiplin defisit di bawah 3%.

“Dengan kedisiplinan itu, tapi tetap saja 2021 kita harus memberikan penekanan-penekanan kebijakan strategis di bidang pendidikan, di bidang kesehatan, di bidang perlindungan sosial akan terus kita lakukan. Infrastruktur, ketahanan pangan, bidang TIK, di bidang pariwisata tetap menjadi bidang-bidang yang menjadi perhatian pemerintah,” pungkas Wamenkeu. (*)

Baca Juga